Minggu, 13 Oktober 2013

Apa Itu Shorinji Kempo?




Shorinji Kempo (少林寺 拳法 Shorinji-Kenpo) adalah seni bela diri yang memiliki banyak kesamaan dengan Shaolin kungfu. Didirikan pada tahun 1947 oleh Doshin So (宗 道 臣 So Doshin), seorang seniman bela diri Jepang dan mantan agen intelijen militer.

Shorinji Kempo adalah sistem "pertahanan diri dan pelatihan" (护身 錬 锻: goshin-rentan), "pelatihan mental" (精神 修养: seishin-shūyō) dan "mempromosikan kesehatan" (健康 増 进: Kenko-zōshin), yang metode pelatihannya didasarkan pada konsep bahwa "roh dan tubuh tidak dapat dipisahkan" (心身 一如: Shinshin-ichinyo) dan itu merupakan bagian integral dari "melatih baik jasmani maupun rohani" (拳 禅 一如: Kenzen ichinyo). Melalui jadwal pelatihan teknis yang terorganisasi dengan baik, (科目表: kamoku-hyo), Shorinji Kempo digunakan untuk membantu praktisi "membangun diri sendiri" (自己 确立: jiko-kakuritsu) dan untuk mempromosikan "saling kenyamanan" (自 他 共 楽: Jita-Kyōraku '). Filosofi dan teknik Shorinji Kempo yang dijabarkan dalam buku mereka, (少林寺 拳法 教 范: Shorinji-Kenpo-kyōhan).

Organsisasi
Organisasi Shorinji Kempo dibagi menjadi 5 entitas:
1. Entitas agama (金刚 禅 総 本 山 少林寺: Kongo-zen Sōhon-zan Shorinji),
2. Entitas yasyasan, Federasi Yayasan Shorinji Kempo (一般 财 団 法人 少林寺 拳法 连 盟: Ippan-Zaidan-Hojin Shorinji Kempo-Renmei),
3. Entitas pendidikan, Zenrin Gakuen College (学校 法人 禅林 学园: Gakko-Hojin Zenrin Gakuen),
4. Entitas global, Organisasi Dunia Shorinji Kempo , WSKO (少林寺 拳法 世界 连 合: Shorinji-Kenpo Sekai Rengo),
5. Entitas kekayaan intelektual (Shorinji Kempo Unity).

Hubungan antara Shorinji Kempo dan Kuil Shaolin di Song Shan
Nama "Shorinji" adalah pembacaan harfiah dari kata Cina "Shaolin Temple" dari Biara Shaolin di distrik Song Shan (嵩山 少林寺: Suzan-Shorinji) di Provinsi Henan (河南省) di Cina. Doshin So mengaku telah mewarisi gelar master-21 Giwamon-ken (义 和 门 拳) sistem (dalam bahasa Mandarin: Yihe Men quan) yang diyakini telah digunakan selama pemberontakan Boxer dari 1899-1901.
 
Doshin So juga sangat terkesan melihat lukisan di dinding Byakue-den (白衣 殿) kapel di Shaolin Temple. Gaya dari pendeta Buddha berlatih seni bela diri itu sangat segar dan sangat penting baginya. Dia pikir itu asal teknik seni bela diri yang ada di Cina. (sumber: buku "Hiden Shorinji Kempo" 秘 伝 少林寺 拳法 光 文 社」 ditulis oleh Doshin So, diterbitkan oleh Kobun-sha Kappa Books).


Sejarah 
Lahir dengan nama Nakano Michiomi , Doshin So menghabiskan usia mudanya di China utara , sebagai agen intelijen Angkatan Darat pendudukan Jepang untuk mengumpulkan informasi militer selama perang . Sebagai bagian dari penyamarannya, ia telah dimasukkan di sebuah sekolah Tao. Di sana, Nakano bertemu Chen Lian (陈 良), seorang imam Tao dan Bailian Men quan (Byakurenmon-ken). Setelah beberapa waktu, Chen memperkenalkan Nakano ke Wen Taizong (文 太宗), master dalam Yihe Men quan (Giwamon-ken). Wen mengangkat Nakano sebagai muridnya di Kuil Shaolin, di Henan, dan lulus sebagai grandmaster dalam Quan Fa.Pada hari-hari terakhir Perang Dunia II, Uni Soviet kehilangan kenetralannya dengan Jepang dan menyatakan perang. Soviet menginvasi Manchuria pada tanggal 9 Agustus, dan menyerbu Jepang dalam waktu kurang dari 11 hari. Korban Jepang sepuluh kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan Soviet, tentara Jepang terluka dibiarkan mati sementara tentara lainnya mundur, dan banyak warga sipil Jepang melakukan bunuh diri massal. Saat masa pembantaian ini yang membuat Doshin menyadari dan memahami "sifat manusia". Menurut bukunya, ini sangat penting karena politik, hukum, dan hidup semua dilakukan oleh manusia .Setelah kembali ke Jepang, Dohin So berpikir untuk mendirikan sekolah bagi pemuda-pemuda Jepang. Dia mendirikannya di kota kecil bernama Tadotsu, di pulau Shikoku, untuk mengajarkan filosofi Buddhisme. Dia mendirikan Shorinji Kempo dengan mengambil konsep ken-zen ichinyo dengan mengikuti ajaran Bodhidharma dan teknik yang ia pelajari di Cina. (sumber: buku " Hiden Shorinji Kempo " (秘 伝 少林寺 拳法) ditulis oleh Doshin Jadi , diterbitkan oleh Kobun-sha Kappa Books) . Promosi ini dan kampanye disebut sebagai Kongo-zen Undo (Kongo- zen kampanye) dan Shorinji Kempo disebarkan ke seluruh Jepang oleh murid-muridnya. Penyebaran ini dan konsepnya diwariskan kepada putrinya Yuki So (宗 由 贵So Yuki), setelah kematiannya pada tahun 1980 sampai sekarang. Setelah kematiannya , Doshin So disebut "Kaiso" atau pendiri dan Grand Master. 

 Filosofi
Shorinji Kempo bukanlah budo biasa atau jenis olahraga secara maksimal. Hal ini dikatakan sebagai Gyo keagamaan di kalangan murid. Menurut ajaran Buddha, roh dan tubuh jasmani tidak dapat dipisahkan. Berlatih teknik Shorinji Kempo dan belajar filosofi, diyakini memiliki pemahaman utuh Vajradhara (金刚 神: Kongo-shin atau 金刚 力士 Kongo-Rikishi) dan semangat tidak pernah menyerah seperti Bodhidharma (菩提 达磨: Bodai-Daruma). 

 Kempo dan Zen
Shorinji Kempo menggabungkan zen untuk pelatihan mental. Pelatihan tubuh terdiri dari 3 kategori yaitu Goho (teknik keras seperti pukulan, serangan tangan, dan tendangan), Juho (teknik lunak seperti melempar, manipulasi sendi, dan bergulat) dan Seiho (teknik seperti penyesuaian tulang belakang mengoreksi).Doshin So dalam bukunya, bahwa ia mengejar Bodhidharma untuk wahyu dan perluasan teknik bertarungnya (阿罗汉 乃 拳). Dia percaya ini berasal dari India. Ia terinspirasi dengan melihat representasi ini dilukis di dinding Byakue-den kapel di Kuil Shaolin.Mereka yang berlatih Kongo-zen disebut murid (门 信徒) dan yang berlatih Shorinji Kempo disebut kenshi (拳 士). Kenshi selalu memberi salam dengan "gassho-rei", salam yang biasa digunakan di kalangan murid Buddha. Sikap dengan kedua telapak tangan diletakkan bersama-sama dan dibesarkan di depan wajah seseorang .Milestones1947 entitas agama mapan1948 didirikan " Nippon Hokuha Shorinji Kempo Masyarakat "1951 mulai "Kongo Zen Sohonzan Shorinji " (金刚 禅 総 本 山 少林寺)1956 entitas pendidikan mapan1957 didirikan " Semua Jepang Shorinji Kempo Federation "1963 didirikan " Shorinji Kempo Federation of Japan " sebagai entitas perusahaan1972 didirikan " Dunia Shorinji Kempo Organization " (WSKO)1980 Doshin Jadi meninggal1992 didirikan " Shorinji Kempo Federation Yayasan " sebagai entitas dasar1997 50th anniversary dirayakan2000 Shorinji Kempo Group menyelenggarakan2002 Busen (Shorinji Kempo Budo Academy) membuka sekolah tinggi2003 Busen berganti nama menjadi Zenrin Gakuen Universitas2003 dirancang tanda baru jadi - en dan logo baru Shorinji Kempo2005 migrasi dari Manji ke begitu - en2007 annversary ke-602008 Semua Jepang mendirikan SMP HIgh Sekolah Shorinji Kempo Federation2009 Sekai - taikai (konvensi global) dibatalkan di Indonesia, tetapi diadakan sebagai dibuka taikai2012 Doshin Jadi yang ke-100 Lahir Memorial Taikai , diselenggarakan di Yokohama Jepang2013 Shorinji Kempo Taikai Dunia 2013 , yang diselenggarakan di Osaka Jepang(sumber: w : id:少林寺 拳法, dalam bahasa Jepang) 

Sistem Latihan
Pelatihan Mental (3 metode) : Kiryoku / Kisei / kiaipelatihan tubuhGoho (teknik keras, 8 metode dan tradisi 3) : Tsuki / uchi / Kiri / keri / kari / Fumi / tai / bo Dokko / nyoi / KongoJuho (teknik lembut , 10 metode) : Gyaku / nage / katame / shime / tori / ouatsu / Nukite / nukimi / Shuho / bakuSeiho (mengoreksi metode tubuh) : Seikei / seimyaku / seikotsu / kappoPengetahuan : In / yo / kyojitu / tempo / chii / chijutsu / boryaku(sumber: Shorinji Kempo Kyohan )Kamae (sikap)Byakuren (白莲) 8 sikapichiji-gamae, Taiki-gamae, gyaku-taki-gamae, aiki-gamae, fukko-gamae, midare-gamae, Byakuren-chudan-gamae atau biasa disebut kaisoku-chudan-gamae, Hasso-gamae.Giwa (义 和) 9 sikapgassho-gamae, kesshu-gamae, chudan-gamae, gedan-gamae, gyaku-gedan-gamae, Manji-gamae, yoko-muso-gamae, tate-muso-gamae nio-gamae.Fujin-ho (posisi tubuh)sei-tai-gamae (baik menghadapi dengan Byakuren-chudan-gamae), tai-gamae (bila satu dengan sikap kiri depan, yang lain mengambil sikap kiri-depan), Hiraki-gamae (bila satu dengan sikap kiri depan, lain mengambil sikap kanan depan).Umpo-ho (gerak badan) :tai-sabaki (gerakan tubuh)ukemi (pertahanan pasif):mae-ukemi, Ushiro-ukemi, Oten-yori-okiagari, dai-sharin(sumber: Shorinji Kempo Kyohan) 

Embu
Embu adalah kombinasi dari Hokei (pola terorganisir Goho dan teknik Juho) yang memiliki 6 bagian. Hal ini mirip dengan "Kata", hanya dilakukan oleh dua orang atau lebih. Embu dilakukan di arena, di gym, di Taikai atau acara-acara seremonial lainnya . Dalam pola ini salah satu kenshi mengambil bagian dari penyerang (Kosha 攻 者) dan satu bertindak sebagai bek atau pemain bertahan (Shusha 守 者), mereka kemudian mengubah peran dan mengulangi teknik ini. Setelah menampilkan tehnik yang dimaksud, kenshi melakukan ren-han-ko (连 反攻: serangkaian serangan setelah pertahanan) yang merupakan bentuk serangan balik yang berlanjut sampai penyerang asli berhasil mem-blok/parries dan counter (menyerang balik). Teknik Juho diikuti oleh katame (teknik menjepit) atau kime (teknik dengan berbagai pukulan atau tendangan ke titik-titik vital).Embu dimulai dengan gassho-rei dan dilakukan biasanya di kumi Embu (dilakukan oleh para kenshi yang berpasangan), tandoku Embu (dilakukan oleh seorang kenshi) dan dantai Embu (dilakukan oleh 6 atau 8 kenshi dalam satu kelompok).Pasangan yang paling terkenal dalam sejarah Embu adalah Masuomi Nakano dan Toshio Misaki yang telah membuat Doshin So terkesan.(sumber: w : id:少林寺 拳法, dalam bahasa Jepang ) 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar